5 Karya Seni Tari Tari dan Musik Asli Indonesia yang Sempat Diklaim Milik Malaysia

5 Karya Seni Tari Tari dan Musik Asli Indonesia yang Sempat Diklaim Milik Malaysia

Karya Seni Tari Tari dan Musik Asli Indonesia yang Sempat Diklaim Milik Malaysia--

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID-  Sudah sepatutnya kita sebagai warga negara Indonesia terus menjaga dan melestarikan budaya asli nenek moyang agar tidak terlupakan  dan di akui oleh negara lain. Nyatanya ada beberapa budaya asli Indonesia yang sempat diakui oleh negara tetangga. Budaya apa sajakah itu?

 

Indonesia merupakan negara sub tropis di asia Tenggara, Negara berlambang burung garuda ini berdekatan dengan sejumlah tetangga asia lainnya. Seperti Papua Neugenie, Timor Leste, Singapura sampai Malaysia.  

BACA JUGA:Dari Prajurit, Ajudan Sampai Sekertaris Kabinet, Iniloh Profil Mayor Teddy

 

Masing masing negara tersebut memiliki adat dan budaya yang berbeda. Hanya saja, dalam beberapa kondisi ada beberapa budaya adli sebuah negara yang diakui oleh negara lain karena keterbatasan jarak negara sampai sesame rumpun melayu.

 

Malaysia jadi salah satu negara yang kerap mengakui kepemilikan warisan budaya milik Indonesia sebagai budaya Malysia. Pengakuan ini lantas memicu pembincangan warganet dan menjadi sorortan banyak Masyarakat.

 

Salah satu warisan budaya yang diakui Malaysia adalah Reog Ponorogo. Upaya Malaysia mengakui kepemilikan Reog terjadi sudah lama sejak tahun 2007. Dimana saat itu diketahui jika situs Kementerian Kebudayaan, Kesenian dan Warisan Budaya Malaysia memasang gambar reog. Hal ini memicu reaksi dari masyarakat Indonesia. Malaysia bahkan berencana mengusulkan Reog ke UNESCO.

BACA JUGA:48 Daftar Menteri Terpilih yang Akan Bekerja Pada Kabinet Merah Putih Kepemimpinan Prabowo Gibran

 

Bukan Cuma Reog, pemerintah Indonesia turut mengajukan nominasi lainnya, yaitu Tempe, Jamu, Tenun Indonesia dan Kolintang agar tidak dicuri oleh negara lain.

 

5 Karya Seni Nusantara yang Sempat Diklaim Malaysia

 

Malaysia telah berulang kali berusaha mengklaim warisan budaya Indonesia. Warisan budaya tersebut mencakup berbagai aspek, seperti tarian, lagu, makanan, alat musik, pakaian, olahraga, hingga alat kesenian.

 

Berikut ini merupakan sejumlah karya seni asal Nusantara seperti Alat Musik sampai Tari Tarian yang sempat diakui kepemilikan asli Indonesia. Simak informasinya disini

1. Gondang Sembilan

 

Buat kamu yang masih asing dengan alat music yang satu ini. Gondang Sembilan adalah alat music tradisional yang berasal dari budaya Tanah Batak.

 

Alat music asal batak ini berbentuk layaknya gendak berukuran besar berjumlah 9 buah drum besar yang saling berbaris. Setiap tabung punya ukuran yang berbeda beda dengan hasil suara tabuhan yang juga berbeda.

 

Gondang Sembilan sempat diakui Malaysia Dimana saat itu Menteri Informasi, Komunikasi dan Kebudayaan Datuk DR Rais pernah mencoba mendaftarkan alat music ini sebagai akta warisan kebangsaan Malaysia pada tahun 2005.

2. Angklung

 

Menurut informasi yang terdapat di situs www.musicmall_asia.com, angklung diklaim berasal dari Malaysia, tepatnya dari kota Johor. Dimana musik angklung sering sendiri sering digunakan sebagai pengiring dalam kesenian kuda kepang.

 

Klaim ini tentu saja menuai kecaman dari masyarakat Indonesia, yang merasa bahwa angklung adalah bagian dari warisan budaya mereka.

BACA JUGA:Grand Finalis Duta Genre Karawang Tampil Maksimal, Siap Berlaga di Tingkat Jawa Barat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: